Sunday 22 May 2016

Anggapan Lorenzo Mengenai Hasil Kualifikasi Rossi

Mugello - Jorge Lorenzo menyindir rekan setimnya di Movistar Yamaha, Valentino Rossi, untuk pole yang diraih. Dia menyebut hasil itu bukan buah usaha sendiri.

Rossi seperti diketahui berhasil merebut posisi start terdepan pada balapan MotoGP Italia di Mugello, Minggu (22/5/2016) malam nanti. Dia diikuti Maverick Vinales dan Andrea Iannone di posisi tiga terdepan.

Hasil kualifikasi itu menjadi topik pembicaraan karena Rossi dan Vinales dinilai telah bekerja sama di sesi tersebut demi mendapatkan waktu terbaik. Khusus untuk Rossi, Lorenzo menilai sejak awal rekan setimnya itu tak terlalu cepat tapi bisa tiba-tiba melesat di kualifikasi.

Rossi memang hanya menempati posisi enam dan delapan di sesi latihan bebas dua dan tiga --tak turun di sesi pertama karena hujan-- dengan selisih sekitar 0,5 dari pebalap tercepat. Pada dua sesi tersebut catatan waktu terbaik pebalap asal Italia itu adalah satu menit 47,540 detik, namun tiba-tiba meningkat menjadi satu menit 46,504 detik di kualifikasi.

"Strategi saya adalah untuk menjalaninya sendiri, melakukan putaran secepat mungkin," kata Lorenzo dikutipMotorsport.

"Para pebalap lain bertindak bagus untuk mencari atau menunggu seseorang, dan tampaknya kasus dengan Rossi dan Vinales itu tidak murni kualitas, itu adalah strategi yang mereka punya."

"Saya membuat tiga catatan waktu putaran dan contohnya Rossi, sampai lap terakhir yang satu menit 36,5 detik (sic), tidak begitu cepat. Tapi pada akhirnya dia mengikuti Vinales dan meningkat satu detik," imbuh pebalap yang musim depan posisinya di Yamaha akan digantikan Vinales ini.

No comments:

Post a Comment